Teknik Sipil Itu...

7:05 PM Kevin Alvaisha 3 Comments

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hari ini Aku Mau Nulis tentang sebuah jurusan yang udah tidak asing lagi buat kita yaitu salah satu jurusan dari fakultas teknik, jurusan yang bisa dikatakan tertua diantara jurusan teknik lainnya, jurusan teknik sipil.
Saya harap post ini bisa jadi referensi buat adik-adik yang akan melaksanakan SNMPTN 2015 dapat mengetahui lebih jelas apa itu teknik sipil dan gak sekedar salah masuk jurusan aja nantinya.
Kenapa Teknik Sipil? yah karena aku nya kuliah disitu *skip*



Teknik Sipil adalah salah satu jurusan dari ilmu teknik, seperti halnya didalam jurusan teknik sipil lainnya ini adalah jurusan dengan "Mata Kuliah Hitungan Yang Sangat Banyak" muahahaha..
Jadi untuk teman-teman yang memang sangat-sangat tidak suka menghitung dan lebih dapat berkreatifitas dengan hal lain agar dapat mempertimbangkannya kelak.

Teknik Sipil merupakan ilmu merancang, menghitung dan membangun suatu bangunan atau infrastruktur tertentu sehingga bisa dibilang teknik sipil lah sebagai pembangun utama dalam suatu daerah dan tanpa adanya teknik sipil, ilmu teknikan lainnya tidak dapat bekerja dengan baik.
Contoh :
1. Tanpa adanya pembangunan bendungan, intake dan segala bangunan air didalam sebuah pembangkin tenaga air atau mikrohidro, turbin tidak akan berputar sesuai yang direncanakan. (jika teknik sipil tidak ada, pemanfaatan teknik mesin tidak dapat sesuai dengan perencanaan)
2. Tanpa adanya tower-tower transmisi, listrik tidak akan dapat dialirkan ( jika tidak adanya teknik sipil maka jaringan yang dibangun oleh teknik elektro akan percuma)
naah jadi bisa dibilang teknik sipil adalah perencana awal disebuah proyek atau pekerjaan, baik itu dalam survey lokasi pekerjaan, pembukaan lahan, dan juga perancangan usia bangunan yang akan dibangun kelak.

Keren kan?? Yah Keren Dong

Memang banyak yang mengatakan bahwa jurusan teknik sipil itu panas-panas di lapangan dan jarang ada cewek yang mengambil jurusan teknik sipil. Eitss yap yang pertama itu sangat benar, sebagai seorang teknik sipil kita harus bisa dan siap untuk turun langsung ke lapangan baik ketika awal mula survey pekerjaan hingga mengamati dan memeriksa setiap pelaksanaan yang dilakukan di lapangan, Jadi, matahari dan keringat yang bercucuran bukan hal baru bagi seorang teknik sipil. Ketika kalian menjadi mahasiswa teknik sipil juga kalian akan merasakan hangatnya matahari di tengah hari karena praktikum yang ada.
nah untuk masalah kaum akhwat yang jarang di jurusan teknik, tidak juga kok teman.
Ya sebenarnya salah sih, banyak kok kaum hawa yang mengambil jurusan teknik, terutama teknik sipil dan elektro, mungkin jarang terlihat di teknik mesin, tapi ingat jurusan teknik bukanlah milik para pria saja, wanita juga harus berani mengambil andil di jurusan teknik dong. Walau kebanyakan memang pria yang ada di dalamnya tapi bukan berarti tidak ada kesempatan untuk kaum akhwat untuk berpartisipasi dan menjadi peran penting sebagai seorang civil engineer.
Lulusan sarjana teknik sipil kelak akan mendapatkan gelar ST, Sarjana Teknik, sama seperti lulusan sarjana teknik lainnya. Mungkin untuk yang

Satu hal yang saya ingin beritahukan Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) dan Teknik Sipil itu tidaklah sama, walaupun mengandung kata Sipil, tapi memiliki arti yang jauh berbeda. Kalian tidak perlu mengambil jurusan teknik sipil untuk menjadi seorang karyawan PNS terkecuali jika memang kalian ingin menjadi seorang karyawan di instansi Pekerjaan Umum ( PU ) atau di instansi kontraktor BUMN lainnya. Karena seorang teknik sipil nantinya di suatu proyek konstruksi baik itu sebagai perencana, pengawas, konsultan, maupun sebagai kontraktor.

Kalian juga bisa bertanya sama kakak, keluarga, atau kakak-kakak Alumni SMA yang sudah lebih dulu mengecap rasa di teknik sipil ini, yaah siapa tau jadi membuat kalian semakin semangat atau malah mundur satu langkah dan siap-siap balik badan ( yah jangan kalau bisa ).
Mungkin jurusan teknik sipil akan menjadi sasaran utama alumni SMK teknik sipil, dan juga sasarannya anak-anak IPA, dan sedikit bahkan hampir tidak ada yang IPS lari ke jurusan teknik. Tapi ya sama seperti kuliah jurusan lainnya, kita akan memulai semuanya dari awal jadi tidak salah untuk mengambil jurusan ini jika kalian memiliki cita-cita atau impian menjadi seorang civil engineer.

Mungkin itu saja dari saya hari ini, lain hari saya akan memposting pembagian bidang didalam teknik sipil agar kalian semakin yakin atau malah ingin melarikan diri dari Jurusan tekink Sipil ini huahaha.
semoga dapat membantu dan memberi semangat adik-adik yang ingin masuk kedalam teknik sipil dan menjadi pertimbangan bagi kalian yang masih ragu agar tidak salah pilih jurusan kuliah nantinya.

3 komentar: