JUPITER Ada Didepan Mata Kita

7:39 AM Kevin Alvaisha 0 Comments

Malam guys, maaf baru sekarang nih bisa ngepost lagi.
selamat membaca... ^^


      Mulai dari tanggal 14 kemarin atau hari jumat lebih tepatnya, fenomena angkasa yang telah terjadi, dimana bulan akan bersinar dengan terangnya berdampingan denganplanet terbesar di tata surya kita, planet Jupiter. Jupiter yang berada dalam jarak terdekatnya dengan mattahari.



     " Pada malam ini Bulan dan Jupiter berada pada posisi oposisi, artinya posisi bulan atau jupiter berlawanan arah dengan matahari sehingga terlihat purnama " kata profesor riset astronomi-astrofisika LAPAN. Thomas Djamaluddin pada hari jumat yang lalu.



         Situs Space.com melansir, cahaya terang Jupiter tahun ini sangat istimewa sebab Jupiter juga mencapai jarak terdekatnya dengan Matahari. Oposisi Jupiter terjadi setiap 399 hari, jadi tiap tahun selalu ada saat di mana Jupiter berada di titik terdekat dengan Bumi. Tetapi, karena jarak terdekat Jupiter-Matahari hanya bisa terjadi 12 tahun sekali, maka purnama Jupiter seterang tahun ini baru bisa dilihat lagi tahun 2022.



        Jupiter akan nampak seperti bintang yang sangat terang (melebihi terangnya Venus), walaupun agak terganggu dengan cahaya bulan, tetapi kita masih bisa melihatnya. Fenomena ini akan terjadi dari hari jumat hingga hari selasa (perkiraan), tetapi bagi para pembaca yang saat ini sedang membaca postingan ini bisa melihat keluar, kelangit luas,  betapa indahnya Jupiter. Dan sedikit info, ketika pagi menjelang Jupiter akan berada di bawah bulan ( biar gak susah kalian mencarinya).





yah, mungkin itu dulu yang bisa saya post tuk hari ini..

see you later, and look the big one, Jupiter..
selamat melihat...


keep your eyes in this blog.
^_^

0 komentar: